Berikut Mekanisme Terapi Imun Dalam Menyembuhkan Kanker

Peran sistem imun dalam penyembuhan kanker tidak hanya bisa terjadi secara spontan. Metode terapi imun juga telah menjadi salah satu pilihan metode pengobatan kanker yang efektif untuk menyembuhkan penyakit ini.

Inti dari terapi imun dalam penyembuhan kanker adalah pemberian obat atau terapi yang membuat sistem kekebalan bekerja lebih efektif untuk mengalahkan sel-sel kanker. Namun prosedur ini belum digunakan sesering kemoterapi atau terapi radiasi.

Obat yang digunakan untuk imunoterapi dapat diberikan dengan beberapa cara. Mulai dari oral atau diminum, disuntikkan, dioleskan, atau intravesical (dimasukkan langsung ke saluran kemih).

Jenis terapi imun yang mungkin dilakukan untuk menyembuhkan kanker antara lain:

1.       Antibodi monoklonal

Antibodi monoklonal adalah protein pada sistem imun yang dibuat secara khusus di laboratorium untuk mengikat target spesifik pada sel kanker dan menghancurkannya.

2.       Immune checkpoint inhibitor

Obat yang dipakai dalam immune checkpoint inhibitor bekerja dengan menjaga agar respons imun di tubuh tidak terlalu kuat, dan membuatnya lebih fokus untuk menghancurkan sel-sel kanker.

3.       T-cell transfer therapy

Terapi imun ini bekerja dengan meningkatkan kemampuan alami sel T yang merupakan bagian dari sistem imun, untuk menyerang sel kanker.

4.       Treatment vaccine

Vaksin yang digunakan pada terapi imun dalam penyembuhan kanker berbeda dengan vaksin untuk mencegah penyakit.

Vaksin bisa dibuat sedemikian rupa dari sel tumor yang ada di tubuh pasien. Dengan ini, saat kembali disuntikkan ke tubuh sebagai vaksin, senyawa ini akan memicu reaksi sistem imun dan membuat antibodi lebih kuat dalam melawan kanker.

5.       Immune system modulator

Terapi ini bekerja dengan meningkatkan respons sistem imun tubuh saat berhadapan dengan sel kanker. Beberapa obat bisa meningkatkan kinerja ada bagian sistem kekebalan tubuh yang spesifik, sekaligus menambah respons imun secara umum.

Bahan Alami untuk Gantikan Risiko Bahaya Kapur Barus

Kanker bisa sembuh dengan sendirinya melalui pengaruh sistem imun yang biasanya dipicu oleh infeksi akut. Selain dengan peningkatan kinerja sistem kekebalan yang alami, kanker juga dapat sembuh dengan terapi imun yang menggunakan obat.

Kejadian kanker yang sembuh dengan sendirinya memang masih langka dan terus diteliti. Karena itu, apabila Anda merasakan gejala kanker tertentu, tetaplah memeriksakan diri ke dokter.