Hindari Tuberkulosis, Lakukan 6 Kebiasaan ini Untuk Membentuk Gaya Hidup Sehat

Tuberkulosis adalah penyakit menular yang menyerang paru-paru. Penyakit ini bisa berdampak buruk pada tubuh Anda, bahkan hingga mengancam jiwa. Maka dari itu pentingnya memahami hubungan antara tuberkulosis dan gaya hidup tidak sehat sangatlah erat. Beberapa kebiasaan diketahui dapat membuat Anda lebih mudah terkena penyakit ini. Berikut adalah 6 kebiasaan Untuk Mencegah Tuberkulosis:

1)      Rutin melakukan aktivitas fisik

Meskipun di rumah saja, aktivitas fisik sebaiknya tetap dilakukan secara rutin agar dapat meningkatkan daya tahan dan sistem kekebalan tubuh. Aktivitas fisik dapat dilakukan dengan cara yang sederhana, seperti jalan kaki atau sembari membersihkan rumah. Tidak hanya untuk kesehatan fisik, olahraga juga dapat membantu mengurangi stres dan mengendalikan kecemasan.

2)      Mengonsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah penting untuk menjaga metabolisme di dalam tubuh. Kandungan yang terdapat di dalam buah dan sayur dapat membantu tubuh untuk mencegah banyak penyakit masuk ke dalam tubuh. Setiap orang disarankan mengonsumsi buah dan sayur sesuai dengan kebutuhan

tubuh. Konsultasikan ke dokter spesialis gizi untuk mengetahui porsi yang tepat untuk tubuhmu.

3)      Tidak merokok

Dampak negatif untuk kesehatan dari merokok bisa dirasakan baik oleh perokok aktif maupun perokok pasif. Rokok mengandung zat yang bersifat toksik bagi organ tubuh. Tak hanya paru-paru, tapi juga ginjal, liver, otak, dan organ lainnya. Rokok juga bisa memperparah penyakit yang sudah ada, atau

meningkatkan risiko terkena penyakit (terutama penyakit saluran nafas).

4)      Tidak mengonsumsi minuman beralkohol

Banyak risiko yang mungkin terjadi jika mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Beberapa penyakit yang mungkin terjadi adalah hepatitis, perlemakan hati, kanker, anemia, dan tuberkulosis.

5)      Menjaga kebersihan lingkungan

Faktor eksternal yang memengaruhi kesehatan tubuh adalah lingkungan kita. Jika lingkungan sehat, maka berbagai macam sumber penyakit tidak akan mudah datang ke dalam tubuh. Membersihkan lingkungan juga dapat menjadi salah satu cara untuk tetap aktif bergerak.

6)      Melakukan cek kesehatan berkala

Cek kesehatan atau Medical Check Up  merupakan langkah preventif yang sangat direkomendasikan untuk mengetahui penyakit yang diderita dan mencegah terjadinya kemungkinan komplikasi untuk beberapa penyakit. Bila kita mengetahui penyakit yang diderita sejak awal, pengobatan yang dilakukan di kemudian hari akan lebih ringan.