Yuk Cari Tahu !! Buah Apa Saja Yang Banyak Mengandung Air Untuk Menjaga Hidrasi Tubuh

 

Odoo • Image and Text

 

Menghindari dehidrasi menyerang tubuh adalah hal yang penting untuk dilakukan. Pasalnya, saat mengalami dehidrasi alias kekurangan cairan, tubuh menjadi rentan mengalami sakit kepala, mudah lelah, masalah kulit, penurunan produktivitas, bahkan hingga mengganggu aktivitas hari-hari.

 

Dehidrasi terjadi saat cairan yang dikeluarkan jauh lebih banyak daripada yang masuk ke dalam tubuh. Kondisi ini biasanya ditandai dengan perubahan warna urine menjadi lebih gelap. Nah, cara terbaik untuk mencegah dehidrasi adalah dengan mengonsumsi air minum sesuai dengan kebutuhan tubuh, yaitu sekitar dua liter dalam satu hari.

 

Selain lewat air, kamu juga bisa menjaga kandungan air di dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat. Yaitu, jenis makanan yang mengandung kadar air tinggi, salah satunya adalah buah-buahan. Biar bebas dehidrasi, yuk cari tahu buah apa saja yang dianjurkan dan memiliki kadar air yang dibutuhkan tubuh!

1)      Stroberi

Meski ukurannya kecil, siapa sangka stroberi termasuk dalam buah yang banyak mengandung air. Faktanya, 91 persen dari buah stroberi adalah air.

Selain itu, stroberi juga dilengkapi dengan serat, antioksidan, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

Menurut sebuah riset, mengonsumsi stroberi terbukti dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh sehingga menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, Alzheimer dan beberapa jenis kanker.


2)      Melon

Melon adalah buah berukuran besar yang mengandung banyak air. Tahukah Anda bahwa 90 persen kandungan melon adalah air?

Di samping itu, melon juga mengandung serat yang bisa meningkatkan rasa kenyang dan menurunkan nafsu makan berlebih. Atas dasar inilah, melon kerap dianggap sebagai buah yang mengandung banyak air untuk diet.

 

 




3)      Persik

Persik adalah buah yang kaya nutrisi dan mampu menghidrasi tubuh kita dengan kandungan airnya. Buah ini mengandung sekitar 90 persen air dan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin A, C, B, hingga kalium.

 

 

4)      Jeruk

Jeruk juga termasuk buah yang mengandung air. Menurut sebuah studi, terdapat 118 mililiter air di dalam satu buah jeruk. Buah ini juga dilengkapi dengan serat dan beberapa nutrisi penting lainnya, seperti vitamin C dan kalium, yang bisa menjaga sistem imun dan baik untuk jantung.


5)      Semangka

semangka adalah salah satu buah yang mengandung paling banyak air. Jika dilihat dari persentase, sekitar 92 persen dari buah semangka adalah air.

Konsumsi semangka secara rutin tentunya dapat membantu menghidrasi tubuh Anda. Buah ini juga mengandung vitamin C, vitamin A, dan magnesium.

Buah semangka juga tidak akan membuat Anda gemuk karena hanya memiliki 46 kalori per cangkirnya. Inilah alasan mengapa semangka dianggap sebagai buah yang mengandung banyak air untuk diet.

 

6)      Mentimun

Mentimun adalah buah yang sering kali dikira sebagai sayur oleh banyak orang. Buah ini memiliki kandungan air yang sangat tinggi, yakni sekitar 96,7 persen. Selain itu, mentimun dilengkapi dengan kalium, fosfor, magnesium, dan kalsium.

Meskipun kandungan vitaminnya tidak sebanyak buah pada umumnya, mentimun mengandung nutrisi spesial bernama cucurbitacin yang menurut sejumlah riset mampu meredakan gejala diabetes.

 

7)      Tomat

Sama seperti mentimun, tomat juga digolongkan sebagai buah yang banyak mengandung air. Kandungan air dalam buah ini bahkan mencapai 94,52 persen. Selain itu, tomat juga mengandung serat, vitamin C, K, folat, dan kalium.

 

8)      Nanas

Belum banyak yang tahu kalau nanas juga termasuk sebagai buah yang banyak mengandung air. Padahal, sekitar 86 persen kandungan nanas adalah air.

Tidak hanya itu, nanas juga meupakan sumber nutrisi yang baik karena mengandung vitamin C, magnesium, kalium, mangan, dan berbagai vitamin B.

 

9)      Apel

Meski teksturnya agak keras, apel digolongkan sebagai buah yang mengandung banyak air. Buah yang kaya manfaat ini memiliki kandungan air sekitar 85,56 persen.

Tidak hanya apel merah, kandungan air ini juga bisa Anda temukan pada apel hijau. Di samping air, apel dilengkapi dengan serat, vitamin C, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan.