Simak!! 5 Manfaat Teknologi di Bidang Kesehatan

 

Odoo • Image and Text

 

Semakin berjalannya waktu perkembangan teknologi semakin maju dengan pesat. Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi sangat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. kini teknologi juga merambah ke berbagai sektor termasuk sektor kesehatan. Banyak sekali manfaat dan kemudahan yang dihasilkan oleh teknologi dalam bidang kesehatan. Lalu apa sajakah itu? Simak selengkapnya penjelasan  Teknologi di Bidang Kesehatan:

 

1)      Membantu Memudahkan Pasien

Manfaat atau keuntungan yang pertama teknologi pada bidang kesehatan adalah membantu memudahkan pasien. Adanya teknologi akan memudahkan sekali pasien, apalagi dalam mencari dan mengakses informasi serta pelayanan kesehatan.

Misalnya, dengan adanya berbagai macam layanan kesehatan online yang hadir saat ini akan memudahkan pasien untuk akses pelayanan kesehatan seperti mendapatkan layanan konsultasi secara online, melakukan penebusan resep obat online, maupun melakukan pendaftaran dan lain sebagainya. Hal ini tentu akan menghemat waktu dan tenaga pasien.

 

2)      Waktu Tunggu Pasien yang Menjadi Lebih Singkat

Adanya teknologi pada bidang kesehatan juga dapat mempersingkat waktu tunggu dari pasien. Umumnya jika pasien ingin memeriksakan diri atau melakukan pelayanan kesehatan di klinik atau rumah sakit bisa mengantri hingga berjam-jam untuk mendapatkan pelayanan tersebut.

Namun saat ini dengan keberadaan teknologi, pasien tidak perlu lagi menunggu dengan waktu yang lama. Pasien bisa membuat janji online lebih dulu, kemudian baru melakukan konsultasi secara langsung di pelayanan kesehatan. Tidak hanya itu, pasien juga bisa membuat janji untuk konsultasi dengan dokter secara online.

 

3)      Memudahkan Tenaga Medis untuk Menolong Pasien

Dengan perkembangan teknologi yang merambah industri kesehatan, para dokter dan tenaga medis yang lain bisa membantu dan menolong pasien tanpa harus bertemu langsung. Apalagi di masa pandemi virus corona sekarang ini yang lebih baik tidak bertemu banyak orang lebih dulu.

Kini dengan internet dan gawai yang dimiliki, dokter dan tenaga medis bisa menjangkau pasien dengan lebih mudah. Selain itu, dokter akan memiliki waktu serta tempat yang fleksibel dalam menolong pasien.

 

4)      Membantu dalam Penyimpanan serta Perawatan Data yang Lebih Mudah

Keuntungan yang ini bisa dikatakan berhubungan dengan manajemen RS, klinik atau fasilitas kesehatan lainnya. Adanya teknologi saat ini dapat membantu penyimpanan, pengelolaan dan perawatan data-data menjadi lebih mudah.

Tidak hanya memudahkan pasien dan para tenaga medis, akan tetapi membantu penyedia layanan kesehatan. Keberadaan teknologi membuat penyedia layanan bisa lebih mudah dalam menyimpan dan mengelola berbagai data yang penting milik pasien maupun milik rumah sakit atau klinik.

 

5)      Alur Kerja yang Lebih Sederhana

Teknologi yang terus berkembang di industri kesehatan membuat alur kerja di bidang tersebut menjadi lebih tertata dan sederhana. Itu karena adanya layanan online yang membuat alur kerja tidak sepanjang ketika melakukan pelayanan secara langsung di rumah sakit. Pasien bisa membuat janji online dan konsultasi di waktu yang sudah ditentukan.

 

Melihat adanya potensi pengembangan aplikasi atau software di layanan kesehatan seperti klinik dan rumah sakit serta melihat kompleksnya informasi manajemen rumah sakit atau klinik seperti yang dikatakan di atas, membuat beberapa pengembang teknologi informasi mengembangkan aplikasi sistem informasi manajemen klinik, misalnya saja Klinik Bagus yang merupakan sebuah Software atau aplikasi ini dikembangkan pertama kali karena melihat masih banyak faskes yang kesulitan dalam mengatur sistem informasi. Informasi lebih lanjut kunjungi website kami di www.klinikbagus.com