Peran Kolesterol dalam Metabolisme Tubuh

 

Odoo • Image and Text

 

Meskipun memiliki nilai negatif di mata masyarakat awam, sebenarnya kolesterol memegang peran penting dalam metabolisme tubuh manusia. Tubuh sebenarnya membutuhkan kolesterol untuk menjaga keseimbangan metabolisme. Namun tentu saja dibutuhkan kolesterol dalam kadar yang normal.

 

Apa saja peran kolesterol di dalam tubuh kita? Berikut adalah beberapa peran kolesterol dalam metabolisme tubuh yang sebaiknya Anda perhatikan.

 

1.       Peran Kolesterol dalam Memelihara Sel

Keberadaan kolesterol sangat dibutuhkan untuk membantu memelihara sel-sel yang ada di dalam tubuh. Proses pembentukan membran maupun struktur sel ternyata membutuhkan peran dari kolesterol. Kolesterol akan membantu membuat membran sel menjadi lebih cair dengan masuk ke molekul lemak yang ada di dalam sel.

 

2.       Pembentukan Hormon

Kolesterol juga sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan hormon, khususnya hormon steroid. Hormon-hormon steroid diketahui punya fungsi penting bagi tubuh. Misalnya kortisol yang berperan dalam proses metabolisme tubuh. Kemudian ada aldosteron yang berfungsi menjaga keseimbangan jumlah air serta garam mineral dalam tubuh.

 

3.       Peran Kolesterol dalam Pembentukan Empedu

Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membantu membentuk empedu. Organ hati akan membutuhkan kolesterol agar bisa memproduksi empedu. Empedu ini merupakan cairan penting yang akan membantu melakukan pencernaan lemak di dalam tubuh. Itulah mengapa HDL atau kolesterol baik akan masuk ke hati agar produksi empedu bisa berjalan lancar.

 

4.       Produksi Vitamin D

Kolesterol ternyata juga punya peran penting dalam proses produksi vitamin D. Vitamin D ini punya banyak manfaat bagi tubuh salah satunya adalah menjaga kesehatan tulang juga gigi. Tubuh akan menggunakan kolesterol untuk memproduksi vitamin D dengan bantuan sinar matahari. Itulah mengapa Anda disarankan untuk berjemur di pagi hari demi memenuhi kebutuhan Vitamin D harian.

 

Kadar Kolesterol

Fungsi kolesterol bagi metabolisme tubuh ini bisa berjalan baik jika kadarnya dalam batas normal. Saat kadar kolesterol ada di angka yang tinggi maka harus dilakukan tindakan untuk menurunkannya kembali. Kadar kolesterol yang tidak melebihi angka 200 mg/dL dikatakan normal atau ideal.

 

Jika kadar kolesterol berada di angka 200 hingga 239 mg/dL maka bisa dikatakan bahwa Anda harus waspada. Angka ini menunjukkan bahwa kadar kolesterol akan menuju ke kadar yang tidak normal. Jika kadar kolesterol sudah masuk lebih dari angka 240 mg/dL maka perlu dilakukan tindakan lebih lanjut.

 

Saat kadar kolesterol ada dalam angka tinggi, maka segera konsultasikan kepada dokter. Jaga pola makan dan kurang jenis makanan berlemak tinggi. Lakukan olahraga rutin dan periksa kadar kolesterol Anda secara teratur untuk mengetahui statusnya. Kembalikan kadarnya ke batas normal agar peran kolesterol bagi metabolisme tubuh bisa kembali didapatkan.