MANFAAT MENGGUNAKAN SISTEM KLINIK BAGUS

 

Odoo • Image and Text

 

Software klinik menjadi platform baru dalam dunia medis yang paling banyak dicari oleh pengelola maupun klinik. Hal ini dikarenakan software klinik memiliki banyak keunggulan di setiap aspeknya. Mulai dari database pasien, dokter hingga faktor penunjang lainnya seperti ketersediaan obat serta tata kelola keuangan. Sebenarnya, apa saja keunggulan platform ini? Berikut lima di antaranya yang perlu Anda ketahui.


1. Database pasien tersimpan dengan baik dan aman

Semua database pasien akan tersimpan dengan baik di dalam sistem Klinik Bagus. Dengan demikian, Anda sebagai pemilik klinik dapat mengetahui berapa jumlah pasien baru per harinya yang sudah terdaftar. Daftar kunjungan pasien ke klinik Anda akan dicatat lebih mendetail dan bisa dilihat kapan saja dan dimana saja. Termasuk database rekam medis pasien, mengingat data ini sangat penting dan harus valid kebenarannya.Tentu, hal ini akan semakin memudahkan dokter maupun petugas kesehatan untuk mengambil tindakan selanjutnya yang harus diberikan kepada pasien.


2. Dapat mengelola stok obat dengan baik

Obat adalah hal penting yang harus ada setiap saat di sebuah klinik. Untuk itulah sebagai petugas medis terutama bagian farmasi, penting untuk melakukan pengecekan. Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan stok obat-obatan yang ada. Bayangkan bila pasien membutuhkan obat tertentu, namun stok obat tersebut habis karena Anda lalai mengeceknya.


Hal tersebut tidak akan terulang kembali bila Anda mengggunakan software klinik. Dalam sistem klinik bagus ini semua perhitungan stok obat dilakukan secara otomatis. Anda tinggal menginput data obat saja ke dalam software, maka dapat dengan mudah memantau jumlah stok obat yang ada secara tepat dan akurat.


3. Mempermudah laporan keuangan

Membuat laporan keuangan sebuah klinik memang tidak mudah, Anda harus jeli dalam melihat arus kemana uang tersebut keluar dan dari mana uang yang masuk. Bayangkan saja bila Anda masih mengandalkan cara lama dengan membuatnya secara manual. Berapa lama waku yang dibutuhkan dan harus mengoreksinya kembali agar tidak terjadi human error dalam masalah keuangan.

Contohnya saja dalam menghitung laporan insentif dokter, sistem klinik bagus dapat menghitung secara otomatis berapa besaran yang akan diterima seorang dokter. Otomatisasi ini berdasarkan pengaturan yang sudah dilakukan pada sebuah klinik tertentu dan dihitung pula berdasarkan berapa jumlah pasien yang sudah ditangani maupun diperiksa seorang dokter. Jadi, akan semakin mudah daripada harus merincinya secara manual.


4. Sistem yang terintegrasi

Keunggulan lainnya dari penggunaan sistem klinik bagus adalah semua data yang ada dan sistem akan teintegrasi dengan baik. Dalam sistem klinik bagus ini akan dilengkapi laporan mulai dari data pasien, dokter,hingga stok obat-obatan. Ada pula fitur import excel dimana data-data tersebut dapat diinput dengan lebih cepat dan efektif sehingga Anda pun tidak perlu memasukkan data satu per satu.


Selain itu juga ada fitur export excel di hampir semua laporan dan Anda pun bisa lebih fleksibel untuk mengubah data sesuai kebutuhan.


5. Layanan lebih cepat

Sudah bukan rahasia lagi bila menggunakan sistem klinik bagus akan membantu pelayanan menjadi lebih cepat. Anda hanya perlu  menginput data ke dalam sistem maka semua akan terintegrasi dengan baik. Sistem inilah yang akan menghubungkan pasien dengan dokter, contohnya saja saat ingin menentukan janji dengan dokter untuk konsultasi. Menggunakan sistem klinik bagus akan semakin mudah, setelah janji dibuat terdapat fitur reminder yang muncul dalam waktu tertentu. Dengan cara seperti ini tentu akan membuat pelayanan semakin optimal.