Makanan Yang Aman Dikonsumsi  Untuk Pengidap Asam Urat

 

Odoo • Image and Text

 

Memilih makanan untuk penderita asam urat tentu wajib menjadi perhatian. Pasalnya, ada jenis makanan yang bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Tanpa memperdulikan diet makanan yang tepat, penyakit bisa kambuh serta menyebabkan peradangan dan rasa nyeri hebat di persendian.

 

Beberapa makanan pantangan yang harus dihindari untuk mencegah penyakit asam urat misalnya; daging merah (sapi, kambing), kerang, dan jeroan. Namun, jangan khawatir. Masih ada jenis makanan untuk penderita asam urat yang tentu aman dikonsumsi. Bahkan beberapa jenis makanan ternyata bisa menurunkan level asam urat. Nah, berikut ulasan selengkapnya.

 

1.       Sayur-sayuran

Dalam menu harian, mengonsumsi sayur-sayuran sangat disarankan. Hal ini karena sayur-sayuran memiliki banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

 

Namun, bagi pengidap asam urat, mengonsumsi sayur-sayuran masih dibolehkan, hanya saja perlu cermat memilih sayuran yang tepat. Pilihlah jenis sayuran yang memiliki kandungan purin rendah.

 

Jenis sayuran dengan kandungan purin rendah yang aman dikonsumsi oleh pengidap asam urat adalah kol merah, paprika, wortel, kale, mentimun, selada, dan kentang.

 

Selain itu, perlu diingat juga untuk memastikan sayur-sayuran yang akan dikonsumsi diolah dengan baik, sehingga nilai gizi di dalamnya yang bermanfaat bagi tubuh tidak hilang.

 

Bagi kamu yang mau tahu lebih banyak mengenai makanan untuk pengidap asam urat jenis sayuran, kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan?

 

2.       Buah-buahan

Selain sayur-sayuran, buah-buahan juga menjadi makanan untuk pengidap asam urat yang baik untuk dikonsumsi. Jenis buah yang disarankan adalah buah yang mengandung tinggi vitamin C, seperti jeruk, kiwi, ceri, lemon, dan tomat.

 

Buah-buahan tinggi vitamin C itu bisa bantu kurangi kadar asam urat dalam tubuh, dengan cara menghancurkan asam urat dan mengeluarkannya bersama urine.

 

Namun, tak hanya buah tinggi vitamin C, jenis buah lain yang juga disarankan bagi pengidap asam urat adalah pisang, pir, apel, dan anggur. Buah-buahan tersebut tidak hanya kaya serat, tetapi juga mengandung purin yang rendah.

 

3.       Teh Hijau

Teh hijau terbilang ampuh untuk menurunkan kadar asam urat. Mau bukti? Ada studi US National Library of Medicine - National Institutes of Health, mengenai khasiat teh hijau terhadap kadar asam urat tubuh.

 

Studi ini mengatakan teh hijau kaya akan antioksidan bernama katekin. Nah, senyawa ini yang mampu menghambat produksi asam urat dalam tubuh. Di samping itu, teh hijau juga bisa mengeluarkan kristal asam urat dan meluruhkan batu dalam ginjal.

 

4.       Yoghurt

Selain tiga hal di atas, makanan untuk pengidap asam urat lainnya adalah produk olahan susu seperti yoghurt. Selain aman untuk pengidap penyakit asam urat, yoghurt rendah lemak juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit asam urat.

 

5.       Ikan Salmon

Ikan salmon juga masuk ke dalam makanan yang bisa menurunkan asam urat dalam tubuh. Ingat, ikat salmon bukan ikan lainnya. Beberapa ikan cenderung mengandung tinggi purin. Lain lagi ceritanya dengan ikan salmon.

 

Kandungan omega-3 dalam salmon mampu mengurangi pembengkakan dan peradangan. Menariknya lagi, jenis ikan rendah asam lemak jenuh, seperti salmon bisa menurunkan asam urat maupun kolesterol dalam tubuh.

 

6.       Karbohidrat Kompleks

Alih-alih nasi putih, ganti makanan pokok harianmu menjadi sumber karbohidrat kompleks. Sebab, mengonsumsi makanan sumber karbohidrat kompleks mencegah kekambuhan asam urat, karena meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urine.

 

Makanan sumber karbohidrat kompleks juga biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh. Jenis-jenis makanan sumber karbohidrat kompleks yang baik dan aman dikonsumsi oleh pengidap asam urat adalah kentang, jagung, beras merah, dan ubi.

 

Nah, bagaimana tertarik untuk mencoba makanan makanan untuk pengidap asam urat di atas? Hati-hati, bila penyakit asam urat tidak kunjung membaik, atau gejalanya semakin parah, segera periksakan diri ke rumah sakit pilihan.