Ketahui Cara Mudah Mengatasi Tekanan Darah Rendah Yang Benar

 

Odoo • Image and Text

 

Pernahkah kamu mengalami mata yang berkunang-kunang, pusing tujuh keliling, lalu jatuh pingsan akibat berdiri terlalu lama? Sebagian orang bilang hal itu disebabkan karena belum sarapan pagi atau tidak makan seharian.

 

Sebenarnya, pernyataan itu tidak salah karena tidak makan seharian bisa menimbulkan gejala yang mengarah pada tekanan darah rendah atau hipotensi. Hipotensi terjadi ketika tekanan darah di dalam arteri lebih rendah daripada tekanan darah normal. Namun, terkadang penyebab hipotensi tidak hanya sesederhana belum makan saja, melainkan juga ada beberapa kondisi kesehatan yang bisa menyebabkan tekanan darah menurun. Untuk mengatasi tekanan darah rendah, ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan, yaitu:

 

1.            Memerhatikan posisi tubuh

Meskipun terlihat sederhana, memperhatikan posisi tubuh dapat menjadi cara untuk mengatasi tekanan darah rendah. Berbaringlah dulu selama beberapa menit ketika bangun tidur, kemudian baru duduk dan berdiri secara perlahan.

 

Kamu juga bisa menyilangkan pahamu, atau angkat kakimu secara perlahan untuk mendorong aliran darah dari kaki ke jantungmu, hal ini dapat membantu mengatasi tekanan darah rendah yang kamu alami ketika sedang berdiri atau beraktivitas.

 

2.            Gunakan stoking kompresi

Stoking kompresi biasanya digunakan untuk mencegah darah terkumpul pada pembuluh darah vena yang ada di kakimu. Selain itu, stoking ini juga dapat digunakan untuk mengurangi keluhan tekanan darah rendah yang terjadi saat perubahan posisi.

 

3.            Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula

Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula juga dapat dilakukan untuk menaikkan tekanan darah. Khususnya gula dalam bentuk yang sudah diproses, seperti gula jagung.

 

4.            Konsumsi suplemen herbal

Mengonsumsi suplemen herbal dan tanaman herbal dipercaya bisa menjadi pilihan untuk mengatasi tekanan darah rendah. Beberapa tanaman herbal yang bisa kamu pilih antara lain jahe, kayu manis, dan lada. Namun sebelum mengonsumsi suplemen dan tanaman herbal, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu ya.

 

5.            Minum obat untuk menaikkan tekanan darah

Kamu juga bisa minum obat yang diberikan oleh dokter untuk mengatasi tekanan darah rendah. Beberapa jenis obat dapat diberikan oleh dokter untuk mengatasi tekanan darah rendah adalah fludrocortisone dan midodrine (orvaten). Obat-obat ini  berfungsi menyempitkan pembuluh darah sehingga dapat meningkatkan tekanan darah.

 

Lakukan beberapa cara di atas untuk mengatasi gejala tekanan darah rendah. Namun jika gejalanya semakin sering timbul dan semakin mengganggu, sebaiknya kamu berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebab dan cara yang tepat untuk mengatasi tekanan darah rendah.

[15.21, 4/8/2021] Neneng Purwanti: Bagaimana Cara Mengatasi Hambatan Dalam Memproses Payroll?

Manajemen payroll adalah proses yang rumit maka tidak jarang perusahaan menyerahkan urusan proses penggajian dan pembuatan laporannya di perusahaan akuntansi atau perusahaan lain yang khusus mengurusi soal payroll.

 

Penting bagi setiap perusahaan untuk memiliki manajemen payroll yang efisien dan akurat agar tidak menimbulkan kesalahpahaman karena kaitannya dengan hak karyawan yang bekerja di perusahaan.

Berikut adalah beberapa isu yang sering terjadi soal payroll dan bagaimana cara mengatasinya?

 

1.            Memperhitungkan Absen Karyawan

Pentingnya memiliki sistem absensi yang akurat dan aman menjadikan perhitungan jumlah absen karyawan yang tidak masuk kerja jadi jauh lebih mudah dibandingkan dengan sistem yang masih bekerja secara manual.

 

Sistem absen sidik jari misalnya, hanya karyawan yang bersangkutan yang bisa mengisi daftar hadir menggunakan mesin, dan jika pada hari tersebut karyawan tidak memiliki catatan kehadiran maka dianggap tidak masuk kerja dan akan langsung masuk ke sistem laporan yang bisa diunduh oleh manajemen SDM untuk menentukan jatah payroll.

 

2.            Salah Menempatkan Investasi

Payroll adalah proses yang membutuhkan banyak pekerjaan administrasi yang tidak mudah, makanya banyak perusahaan yang memilih untuk menambah tenaga kerja untuk mengerjakan dokumen-dokumen administrasi agar proses payroll tidak mengalami keterlambatan.

 

Berinvestasi menggunakan perangkat lunak yang bisa mengurangi beban kerja karyawan bagian payroll lebih efisien dibandingkan merekrut karyawan baru untuk bekerja dengan cara yang kuno dan tidak menyelesaikan masalah manajemen penggajian yang sebenarnya.

 

3.            Memperhitungkan Pajak

Pajak penghasilan wajib dibayarkan oleh setiap karyawan sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Tugas dari manajemen payroll adalah memastikan setiap pendapatan karyawan dipotong dengan pajak dan menghindarkan perusahaan dari isu-isu legalitas ketika ada audit keuangan yang dilakukan terhadap perusahaan.

 

Aturan mengenai pajak pun bisa berubah sesuai kebijakan pemerintah. Ada baiknya bagi perusahaan untuk menggunakan sarana yang disediakan perusahaan lain untuk membantu memastikan perusahaan membayarkan pajak karyawannya dengan disiplin dan sesuai dengan ketentuan

 

4.            Kesalahan Dalam Pemberian Gaji

Untuk mengurangi kesalahan dalam pemberian gaji akibat human error maka sebaiknya pemberian gaji dilakukan secara elektronik melalui bank yang ditunjuk untuk mendistribusikan payroll dari perusahaan ke karyawan.  Apabila karyawan belum memiliki akun rekening di bank tersebut maka disarankan untuk membuat rekening baru di bank yang bekerja sama dengan perusahaan untuk distribusi payroll.

 

Salah satu kriteria penting jika perusahaan sedang mencari perangkat lunak yang bisa memudahkan distribusi payroll adalah perangkat lunak tersebut harus terintegrasi dengan bank distribusi gaji sehingga distribusi bisa dilakukan melalui perangkat lunak tersebut.