Gejala Flu Yang Perlu Segera Mendapatkan Penanganan Dokter

Flu atau influenza adalah penyakit umum yang hampir pernah dialami oleh semua orang. Meski begitu, masih banyak orang yang mengira bahwa flu sama dengan batuk pilek biasa (common cold). Kedua penyakit tersebut memang menimbulkan gejala yang hampir mirip. Hanya saja, gejala flu lebih parah dan muncul secara mendadak. Sebaiknya, kamu tidak menyepelekan gejala flu. Pasalnya, ada tanda-tanda flu yang perlu penanganan dokter secepatnya. Yuk, simak penjelasannya lebih lanjut di sini.

1.       Muntah-Muntah

Tubuh perlu memerlukan cairan untuk tetap bisa terhidrasi dan membantu organ penting di dalamnya bekerja dengan baik. Apabila pengidap flu mengalami muntah yang hebat dan tidak mampu menerima cairan, perawatan medis tentu perlu dilakukan. Pasalnya, kurang cairan bisa mengakibatkan tubuh mengalami dehidrasi, komplikasi yang terjadi pun bisa berbahaya, salah satunya adalah kegagalan organ.

2.       Nyeri Dada dan Sulit Bernapas

Seharusnya, influenza tidak akan membuat pengidapnya mengalami kesulitan bernapas, bahkan mengalami nyeri pada bagian dada. Gejala influenza yang terbilang normal hanya membuat hidung menjadi berair dan tersumbat serta nyeri pada otot. Apabila pengidap mengalami nyeri dada dan kesulitan bernapas, penanganan perlu segera dilakukan.

3.       Batuk Tidak Kunjung Sembuh

Flu juga bisa berkembang menjadi masalah kesehatan yang lebih parah apabila pengidap juga memiliki riwayat sinus. Flu akan membuat hidung tersumbat dan penyumbatan di saluran sinus. Lebih buruk, pengidap sinus yang terserang flu akan mengalami nyeri yang mengganggu pada area di antara kedua mata.

4.       Demam Tidak Turun

Demam memang menjadi salah satu gejala influenza. Namun, apabila demam tinggi tidak berangsur pulih hingga lebih dari tiga hari dengan suhu lebih dari 38 derajat Celsius, mungkin saja terjadi infeksi sekunder pada tubuh. Segera dapatkan perawatan untuk mencegah munculnya masalah kesehatan baru.

5.       Sulit Menelan dan Sakit Tenggorokan

Sakit pada tenggorokan biasanya membuat seseorang mengalami kesulitan menelan. Akibatnya, nafsu makan pun berkurang dan tubuh menjadi lemas serta tidak berenergi. Sakit pada tenggorokan juga bisa menjadi tanda adanya iritasi atau infeksi. Jadi, kamu perlu mendapatkan perawatan yang tepat untuk mengatasinya.

Sebenarnya, kamu bisa mencegah terjadinya flu dengan cara yang mudah dan sederhana. Pertama, pastikan kamu rajin mencuci tangan, terlebih setelah beraktivitas, menggunakan toilet, dan sebelum makan dengan air mengalir dan sabun. Lalu, jaga kebersihan diri dan lingkungan.

.