Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Libur Akhir Tahun

 

Odoo • Image and Text

 

Libur hari Natal dan akhir tahun merupakan momen istimewa yang tepat untuk melangsungkan libur panjang dan berkumpul kembali bersama keluarga dan orang tersayang.Pandemi belum berakhir, maka dari itu Anda perlu menetapkan proses kesehatan di manapun Anda berada dan menjaga imunitas tubuh agar terhindar dari serangan covid-19 dan penyakit lainnya. Mari simak 5 cara menjaga daya tahan tubuh selama libur akhir tahun

 

1.       Perbanyak Minum Air Mineral

Konsumsi air mineral yang cukup mungkin terdengar sepele, tetapi masih banyak orang yang tidak melakukan hal ini.

 

Air mineral membantu membawa oksigen ke seluruh sel-sel tubuh Anda dan  menghilangkan racun dari tubuh. jadi minum lebih banyak dapat membantu mencegah racun menumpuk dan berdampak negatif pada sistem kekebalan Anda. Air mineral merupakan asupan yang wajib dikonsumsi agar setiap organ tubuh dapat bekerja dengan normal dan imunitas berfungsi melawan penyakit dengan efektif.

 

Anda juga bisa mengkonsumsi infused water dengan menambahkan lemon kedalam air mineral. Dengan begitu, tubuh akan mendapatkan vitamin C alami dan daya tahan tubuh akan meningkat.

 

Pastikan kebutuhan air mineral Anda tetap terjaga bahkan selama Anda liburan. Tubuh akan tidak mudah lelah dan capek bahkan ketika seluruh aktivitas dan perayaan telah selesai.

 

2.       Luangkan Waktu untuk Olahraga Setiap Hari

Apapun yang akan Anda lakukan di liburan akhir tahun, Anda harus mempersiapkan tubuh yang bugar dan sehat dengan imunitas tinggi dari jauh-jauh hari.

 

Anda tidak perlu menghabiskan waktu di gym berjam-jam untuk mendapatkan sistem imunitas yang bekerja dengan baik. Riset dari tahun 2019 menyatakan bahwa Anda cukup luangkan waktu mulai dari 30 hingga 60 menit setiap harinya agar sirkulasi tubuh dan sistem imunitas bekerja dengan lancar. Anda dapat melakukan aktivitas apa saja yang Anda suka seperti jogging, badminton, ataupun home workout.

 

Setiap aktivitas akan meningkatkan pertukaran sel darah putih di antara jaringan perifer yang membantu respons kekebalan tubuh dengan sistem sirkulasi di pembuluh darah dan getah bening. Sel darah putih dapat mencari dan melawan penyakit dengan efektif.

 

Olahraga harus dilakukan secara rutin, bahkan di saat liburan dan setelah liburan. Anda bisa menyesuaikan jenis olahraga dengan kondisi lingkungan Anda setiap saat.

 

3.       Dapatkan Vaksin Covid-19

Di masa pandemi ini, vaksin sangat diperlukan agar imunitas tubuh Anda dapat bekerja melawan virus covid-19.

 

Vaksin bekerja dengan cara mengembangkan imunitas tubuh dengan meniru infeksi virus. Setelah infeksi tiruan tersebut hilang, tubuh akan memiliki memori virus dan sudah mengetahui bagaimana cara mengatasi virus tersebut jika Anda terpapar di masa mendatang.

 

Sekarang, vaksin Covid-19 bisa Anda dapatkan secara gratis melalui berbagai program pemerintah dan institusi swasta. Anda memerlukan dua kali dosis vaksin supaya imunitas tubuh terbentuk dengan sempurna saat harus melawan Covid-19.

 

Selain untuk diri sendiri, Anda juga akan melindungi keluarga yang memiliki resiko lebih tinggi terhadap Covid-19. Jika Anda sudah divaksin tapi ternyata terpapar oleh virus Covid-19, resiko penularan dari tubuh Anda ke orang lain akan menjadi jauh lebih kecil. Anda juga akan lebih cepat sembuh dan tidak akan mengalami gejala yang sangat parah.

 

4.       Dapatkan Tidur Berkualitas

Sebelum liburan datang, pastikan Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas serta siklus tidur yang normal.

 

Waktu tidur yang berkualitas akan memberikan tubuh Anda kemampuan untuk melangsungkan sistem kekebalan tubuh yang cukup. Imunitas tubuh Anda akan menjadi kuat, adaptif, dan efisien untuk merespon alergi atau berbagai penyakit.

 

Tidur yang tidak berkualitas, bahkan sampai menimbulkan gangguan tidur seperti insomnia, sleep apnea, dan gangguan ritme sirkadian, dapat mengganggu fungsi imunitas Anda.

 

Dengan tidur yang cukup di malam hari, waktu siang dan sore hari Anda dapat dimaksimalkan untuk beraktivitas dengan orang tersayang.

 

5.       Konsumsi Vitamin dan Suplemen Secara Rutin

Vitamin dan suplemen merupakan salah satu cara menjaga imunitas tubuh dengan asupan eksternal.

 

Tubuh manusia memiliki berbagai macam sistem sel, jaringan, dan organ yang masing-masing membutuhkan berbagai macam vitamin. Sistem imunitas telah menjadi salah satu yang terpenting untuk dipelihara selama pandemi agar terhindar dari virus dan penyakit.

 

Jenis vitamin yang paling berkontribusi untuk melawan Covid-19 adalah Vitamin C, Vitamin B6, dan Vitamin E. Vitamin C merupakan salah satu penguat sistem kekebalan dari seluruh vitamin. Vitamin B6 dapat melangsungkan reaksi biokimia dalam sistem kekebalan tubuh. Sedangkan, Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang membantu tubuh melawan infeksi.

 

Itulah tadi tips menjaga daya tahan tubuh menjelang liburan. Selalu jaga kebutuhan vitamin untuk sistem imunitas Anda secara rutin, baik menjelang, saat, hingga setelah liburan.