Berikut Ini 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh

 

Odoo • Image and Text

 

Bawang putih tidak hanya memiliki aroma kuat dan rasa yang tajam, manfaat bawang putih juga baik kesehatan untuk tubuh. Adapun manfaatnya antara lain mencegah flu, menjaga keseimbangan kolesterol dalam darah, meningkatkan aktivitas dan performa fisik, serta manfaat-manfaat lainnya.

1.       Manfaat Bawang Putih untuk Melawan Penyakit

Bawang putih dapat melawan penyakit termasuk pilek serta meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Walaupun perlu penelitian lebih lanjut memastikannya, tidak ada salahnya memasukkan bawang putih ke dalam masakan.

 

2.       Menurunkan Tekanan Darah

Senyawa aktif dalam bawang putih dapat menurunkan tekanan darah. Penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke adalah penyebab kematian terbesar di dunia. Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, adalah salah satu pemicu dari serangan jantung dan stroke.

 

 

3.       Manfaat Bawang Putih Bisa Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi, manfaat bawang putih dapat mengurangi kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL yang baik untuk kesehatan jantung.

 

4.       Mencegah Penyakit Alzheimer dan Demensia

Kerusakan oksidatif dari radikal bebas berkontribusi pada proses penuaan. Bawang putih mengandung antioksidan yang mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif.

 

Suplemen bawang putih dosis tinggi telah terbukti meningkatkan enzim antioksidan pada manusia, serta secara signifikan mengurangi stres oksidatif pada mereka yang memiliki tekanan darah tinggi. Efek gabungan pada pengurangan kolesterol dan tekanan darah, serta sifat antioksidan, dapat mengurangi risiko penyakit otak umum seperti penyakit alzheimer dan demensia.

 

 

5.       Manfaat Bawang Putih untuk Meningkatkan Performa Atletik pada Atlet

Manfaat yang bisa didapatkan dari bawang putih lainnya adalah dapat mengurangi kelelahan dan meningkatkan kapasitas kerja. Orang dengan penyakit jantung yang mengonsumsi minyak bawang putih selama 6 minggu dapat mengalami penurunan detak jantung sebesar 12 persen serta meningkatkan aktivitas kemampuan fisik. Pun, kelelahan akibat olahraga bisa dibantu dengan mengonsumsi bawang putih.