4 Masalah Kesehatan Yang Kerap Muncul Saat Puasa

 

Odoo • Image and Text

 

Seberapa penelitian telah menunjukkan manfaat puasa untuk kesehatan tubuh. Meski demikian, ada beberapa masalah kesehatan atau penyakit yang terkadang muncul, terutama di awal masa berpuasa. Ini karena, tubuh sedang menyesuaikan dengan kebiasaan baru.

Tidak adanya asupan energi, nutrisi, dan cairan selama berpuasa dapat memicu timbulnya 4 masalah kesehatan sebagai berikut:

 

1)      Asam Lambung

Penyakit asam lambung adalah salah satu penyakit yang dikhawatirkan banyak orang saat menjalankan puasa. Saat perut terlalu kosong, maka gas meningkat dan menyebabkan nyeri. Namun, kamu tak perlu khawatir, asam lambung berlangsung pada awal puasa saja.

Seiring berjalannya waktu, tubuh akan mampu beradaptasi. Bagi kamu yang mengidap penyakit ini, disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat dan sedikit gas pada saat sahur. Kalau diperlukan, kamu perlu konsumsi obat lambung untuk mengantisipasi agar tidak kambuh di siang hari.

 

2)      Sakit Kepala

Sakit kepala saat puasa bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah tekanan darah yang rendah dan kurangnya pasokan gula dari makanan. Kondisi ini bisa muncul karena rasa kantuk akibat pola tidur yang berubah dan rutinitas pekerjaan yang menuntut banyak tenaga dan pikiran.

Untuk mengurangi sakit kepala saat puasa, coba untuk membiasakan tidur minimal 7 jam, hindari minum kopi, dan perbanyak makan makanan yang kaya gizi.

 

 

3)      Sembelit

Masalah pencernaan lain yang juga sering terjadi saat puasa adalah konstipasi atau sembelit. Penyakit ini umum terjadi saat kita puasa karena tubuh banyak menyaring makanan, namun air dan konsumsi serat berkurang.

Untuk mengatasinya, kamu bisa berbuka dan sahur dengan memperbanyak makan-makanan tinggi serat misalnya biji-bijian dan buah-buahan lalu banyak minum air putih.

 

4)      Bau Mulut

Saat menjalankan ibadah, kita juga sering merasakan napas menjadi bau serta timbul lapisan putih pada gigi dan lidah yang menambah bau semakin tak sedap. Masalah ini terjadi karena produksi air liur dalam mulut berkurang akibat kurangnya cairan.

Untuk mengatasinya, kamu wajib sikat gigi seperti biasa, yakni sebelum tidur dan sesudah sahur. Konsumsi buah-buahan pengusir bau mulut juga bisa membantu seperti apel, bengkuang dan wortel. Jika perlu, kamu bisa menggunakan obat kumur dan pembersih lidah supaya rongga mulut bersih maksimal dan kuman penyebab bau mulut hilang.