5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

 

 Odoo • Image and Text

mata merupakan organ tubuh yang sangat berharga. Memiliki mata yang sehat, sama halnya memberikan diri Anda aset untuk melihat keindahan dunia dan isinya.

Itu sebabnya, Anda harus menjaga kesehatan mata, terutama untuk menghindarkan diri dari timbulnya beragam risiko kesehatan. Ini dapat berupa rabun jauh, presbiopi, miopi, atau hipermetropi.

Adapun untuk memahami dan mengerti cara menjaga kesehatan mata yang benar, berikut adalah 5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami  yang bisa Anda ikuti:

 

1)      Makan buah dan sayur

Cara menjaga kesehatan mata secara alami dan juga mudah ialah memperbanyak konsumsi buah dan juga sayur. Terutama buah dan juga sayur yang banyaj mengandung vitamin A serta beta karoten. Buah dan sayur yang bisa kamu konsumsi contahnya ialah wortel. Memang sudah menjadi rahasia umum apabila wortel mampu membuat untuk manjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan beta karoten yang di miliki oleh worter sangat tinggi. Selain itu, beta karoten juga merupakan antioksidan yang bisa mengurangi resiko degenerasi makula atau penurunan penglihatan pusat saat kamu memandang lurus.

 

2)      Kompres dengan mentimun

Irisan mentimun bisa menjadi salah satu cara menjaga kesehatan mata secara alami juga. Kamu hanya perlu mengompres kelopak mata dengan mentimun. Sensasi dingin dan juga segar dari mentimun ini bisa membantu kamu untuk menjegah bengkak dan juga timbulnya kantong mata. Kamau hanya perlu menaruh irisan mentimun ini pada kelopak mata sebelum tidur selama kurang lebih 10 menit. Baiknya lakukan kegiatan ini secara teratur agar memperoleh hasil yang maksimal.

 

3)      Hindari pemakaian lensa kontak terlalu lama

Ada baiknya jika kamu menghindari pemakaian lensa kontak terlalu lama. Batas wajar pemakaian lensa kontak sendiri ialah 8 jam. Namun apabila merasakan mata kering kamu harus dengan segera meneteskan obat khusus lensa kontak. Pemakaian lensa kontak yang terlalu lama tentu saja sangat berbahaya. Bahkan kerusakan yang disebabkan oleh lensa kontak ini bisa permanen.

 

4)      Kurangi penggunaan tetes mata

Memang menggunakan obat tetes mata saat mata merah ataupun iritasi bisa kamu lakukan. Akan tetapi, jika kamu berlebihan dalam menggunakan obat tetes mata, justru akan mengakibatkan kerusakan pada mata kamu. Jadi kurangi pemaiakan obat tetes mata agar tidak ada gangguan pada mata kamu.

 

 

5)      Hindari duduk terlalu lama di depan komputer

Cara menjaga kesehatan mata dengan mudah ialah hindari untuk duduk terlalu lama di depan layar. Hal ini bisa mengakibatkan mata cepat lelah. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan jarak aman mata dengan layar monitor. Untuk jarak pada layar komputer minimal ialah 30 centimeter, selain itu posisikan layar sedikit kebawah dengan jarah sekitar 61 hingga 71 centimeter.

 

Selain itu kamu juga harus memastikan bahwa kecerahan serta kontras di layar sudah tepat. Jangan lupakan juga untuk menggunakan layar yang besar atau memperbesar tulisan jika memeiliki masalah penglihatan. Tentu saja ini akan membantu mata kamu agar tidak terlalu lelah saat menatap layar monitor.

 

 

Lebih baik mengetahui cara menjaga kesehatan mata sejak dini untuk mencegah kerusakan mata. Jadi jangan malas ya untuk menjaga kesehatan mata.