5 Cara Mengatasi Agar Tidak Malas Berolahraga, Demi Kesehatan Tubuh

 

Odoo • Image and Text


Olahraga sebenarnya adalah bagian penting dari gaya hidup sehat, yang perlu dilakukan secara rutin. Namun, beberapa orang mungkin merasa malas melakukannya, meskipun tahu pentingnya olahraga bagi kesehatan.

 

Sebenarnya, cara ampuh untuk mengatasi malas berolahraga adalah dengan menjadikannya sebagai kebiasaan. Jika sudah jadi kebiasaan, kamu pasti akan melakukan dengan senang hati, tanpa merasa terpaksa, bahkan menikmatinya. Namun, bagaimana caranya, ya?

 

1)      Olahraga Ringan

Tips agar tidak malas berolahraga yang pertama yang bisa kamu coba yakni melakukan olahraga ringan sebagai percobaan. Olahraga ringan tersebut bisa Anda lakukan selama 10 hingga 20 menit sehari. Hal ini untuk melatih tubuh kamu supaya terbiasa dalam berolahraga. Jika kamu memulainya dengan jenis olahraga atau latihan yang berat, maka kamu akan menjadi malas dan merasa lelah sebelum melakukannya. Olahraga juga tidak selalu harus di tempat fitness, tapi kamu bisa berlari mengelilingi komplek perumahan, melakukan gerakan olahraga ringan di rumah, atau kamu juga bisa naik turun tangga saat berada di kantor.

 

2)      Bergabung dalam Kelas Olahraga

Tips agar tidak malas berolahraga selanjutnya yang bisa kamu coba terapkan yakni bergabung dalam kelas olahraga. Olahraga sendiri di rumah mungkin akan terasa membosankan. Oleh sebab itu ada baiknya kamu bergabung dalam kelas olahraga agar lebih semangat dan tidak bosan jika melakukan olahraga sendiri di rumah.

 

Kamu dapat bergabung ke dalam kelas olahraga yang di dalamnya terdapat banyak orang, seperti kelas senam, muay thai, work out, dan masih banyak lainnya. Dengan demikian, olahraga yang kamu lakukan akan terasa lebih menyenangkan.

 

3)      Mengajak Teman

Jika kamu malas untuk berolahraga sendiri, tips agar tidak malas berolahraga satu ini bisa kamu coba terapkan. Ketika mengajak teman untuk berolahraga, bisa saja kamu lebih semangat karena saling menyemangati dan memotivasi. Saat kamu punya niat untuk olahraga, kamu bisa mengajak satu orang teman untuk menemani. Selain lebih seru, olahraga bareng teman juga bisa membuat olahraga menyenangkan.

 

Banyak hal seru yang bisa kamu dapatkan ketika olahraga bareng teman, seperti saling membantu ketika melakukan gerakan sit-up, adu siapa yang bisa bertahan paling lama saat melakukan plank, dan lain sebagainya.

 

4)      Pilih Olahraga yang Disenangi

Memilih olahraga yang kamu senangi merupakan tips agar tidak malas berolahraga selanjutnya yang bisa kamu coba terapkan. Sesuatu yang kamu senangi tentunya akan membuat kamu lebih semangat daripada menjalankan olahraga yang tidak kamu senangi. Kamu bisa mencoba tips satu ini dengan mengetahui minat dan bakat kamu terhadap jenis olahrag apa. Saat kamu sudah nyaman menjalankan olahraga yang kamu senangi, tentunya perlahan kamu akan rutin melakukan olahraga.

 

5)      Pasang Target dan Motivasi Diri

Tips agar tidak malas berolahraga selanjutnya yang bisa kamu coba terapkan yakni memasang target dan mencari alasan untuk memotivasi diri kamu. Kamu bisa memasang target per minggu yang mesti kamu capai. Misalnya, kalau kamu berhasil lari sejauh 1 kilometer minggu ini, tentukanlah target 2 kilometer untuk minggu berikutnya. Berolahraga itu sangat penting agar kesehatan tubuhmu terjaga dan staminamu tetap kuat. Oleh sebab itu penting untuk menghabiskan waktu untuk olahraga setiap harinya.

 

Selain itu, tips agar tidak malas berolahraga yang bisa coba kamu terapkan juga adalah mencari alasan untuk memotivasi diri kamu. Kamu bisa memikirkan manfaat dan keuntungan melakukan olahraga secara rutin. Selain itu jyga, jika kamu tengah setres dan badan terasa nyeri, olahraga bisa kamu jadikan pilihan. Kamu harus belajar untuk menghilangkan rasa malas untuk melakukan olahraga.