4 Penyakit yang Bisa Disembuhkan Dengan Rutin Berolahraga

 

Odoo • Image and Text

 

Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan berolahraga, metabolisme tubuh menjadi lancar sehingga distribusi dan penyerapan nutrisi dalam tubuh menjadi lebih efektif dan efisien. Bahkan, sejumlah riset telah membuktikan olahraga dapat menjadi pelindung terbaik bagi tubuh dalam menghadapi berbagai ancaman penyakit. Tetapi jika Anda merasa bukti-bukti itu belum cukup, simak pembahasan berikut ini, yang akan menjelaskan bagaimana olahraga dapat membantu menyembuhkan penyakit:


1. Mengurangi Stress

Bila anda menghadapi stres, otot menjadi tegang. Otot manusia terdiri dari kumpulan serat yang berukuran rambut. Ada sekitar 6 miliar serat otot dalam tubuh yang berhubungan dengan tulang. Bila mengadakan pemanasan, darah akan mengalir menuju otot, membawa lebih banyak zat pembakar dan oksigen. Jika dilakukan dengan berangsur, akan mengurangi terjadinya stres kemudian.


2. Meningkatkan Konsumsi Oksigen Maksimum

Bapak senam aerobik, dr. Kenneth Cooper mengadakan penelitian mengenai hubungan berbagai cabang olahraga dengan konsumsi oksigen maksimum. Ternyata mereka yang saling melakukan jalan kaki jarak jauh, lari, naik sepeda, atau berenang dengan teratur selalu menunjukan tes aerobik yang baik dengan volume oksigen maksimun tinggi.


3. Menguatkan Jantung

Otot yang baik menolong peredaran darah yang baik, sementara otot yang tidak bergerak/berolahraga menghalangi peredaran darah. Dengan kata lain anda memaksakan jantung untuk bekerja lebih berat bila tidak olah raga.


Di sini lah fakta penting bagaimana olahraga akan menolong jantung anda, yakni otot-otot yang berfungsi sebagai jantung kedua. Ketika berolahraga dan menguatkan otot-otot melalui cara memijit (memeras), otot-otot tersebut akan dapat memompa darah balik ke dalam jantung.


Ketika melakukannya teratur, jantung anda akan menjadi lebih kuat dan lebih berdayaguna. Arteri yang mensuplai otot jantung dengan darah akan bertambah besar ukurannya dan mengurangi risiko serangan jantung.


4. Mengurangi Hipertensi

Olah raga dapat menyebabkan pertumbuhan pembuluh darah kapiler yang baru dan jalan darah yang baru. Dengan demikian, hal yang dapat menghambat pengaliran darah dapat dihindarkan (menurunkan tekanan darah). Walaupun kesanggupan jantung untuk melakukan pekerjaannya bertamabah melalui olahraga, namun pengaruh dari berkurangnya hambatan tersebut memberikan penurunan tekanan darah yang sangat berarti.


Prinsip yang penting untuk mereka yang menderiita tekanan darah tinggi ialah mulai dengan olahraga ringan seperti jalan kaki atau berenang. Oleh raga berat seperti angkat besi justru lebih membahayakan keadaan penderita. Berjalan kaki teratur sekita 30-45 menit atau lebih setiap hari akan mengurangi tekanan darah.