4 Cara Strategi Meningkatkan Ulasan Pasien Setelah Berkunjung

 

Odoo • Image and Text


Tidak dapat dimungkiri bahwa tujuan utama mendirikan sebuah bisnis adalah mendapatkan keuntungan. Begitu pula saat kita membangun klinik. Meskipun bergerak dalam bidang jasa kesehatan, sebuah klinik juga diharapkan dapat mendatangkan keuntungan.

 

Salah satu cara untuk mendapatkan untung dari sebuah klinik adalah dengan meningkatkan angka kunjungan. Mengapa angka kunjungan penting? Karena berbasis jasa, angka kunjungan menunjukkan seberapa puas pasien terhadap pelayanan pada klinik tersebut. Kepuasan ini tentu saja bisa menjadi media promosi ampuh untuk membuat klinik semakin ramai.

Berikut cara Strategi Meningkatkan Ulasan Pasien Setelah Berkunjung:

 

1)      Menindaklanjuti Pasca Kunjungan

Survei dapat dikirimkan melalui  teks atau email kepada pasien usai kunjungan. tingkatkan ulasan pasien dapat dijadikan rujukan saat evauasi kinerja klinik.

 

Biasanya, pasien tidak cukup peduli untuk mengirimkan feedback atas kemauan mereka sendiri. Terlebih, jika mereka belum memiliki pengalaman terbaik di klinik Anda. Sehingga pengiriman survei secara otomatis sesaat setelah kunjungan akan membuat pasien mengingat pengalaman yang didapatkan.

 

2)      Melibatkan Pengalaman Personal

Memberikan perawatan meupakan kewajiban penyedia kesehatan, namun masih ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi seperti empati Anda.

 

Sebagai contoh, jika seorang pasien baru saja menjalani operasi besar, kirim mereka pesan. Atau, jika seorang pasien tampak gelisah selama kunjungan di kantor mereka, hubungi dan beri tahu mereka bahwa Anda akan mendengar kekhawatiran mereka.

 

3)      Menanggapi Semua feedback Online

Setelah Anda mulai meminta feedback dari pasien, Anda harus terus memantau reputasi online Anda. Salah satu cara untuk mematiskan pasien kembali ke klinik ialah membalas semua feedback online.

 

Pasien yang meninggalkan tinjauan online yang positif berhak untuk mengetahui bahwa feedback mereka dihargai. Berikan komentar untuk berterima kasih kepada mereka karena telah membagikan pengalaman mereka.

 

Gunakan bahasa yang sopan dalam mengakui setiap ulasan negatif yang muncul. Jelaskan bahwa Anda senang mendiskusikan pengalaman mereka secara pribadi. Hal ini mungkin tampak sepele tetapi dapat membuat perbedaan besar dalam pemasaran.

 

4)      Terlibat dengan Konten dan Pemasaran Media Sosial

Pasien saat ini akan melihat langsung di situs web Anda untuk informasi lebih lanjut tentang gejala, kondisi atau layanan. Calon pasien pun akan menemukan Anda lebih mudah di mesin pencari dengan kata kunci Anda. Menunjukkan pengalaman pasien yang positif secara konsisten dapat menjadi aset terbesar Anda.