3 Masalah yang Sering terjadi pada Klinik  dan Cara Mengatasinya

 

Odoo • Image and Text

 

Memiliki bisnis pada masa sekarang tentunya bukanlah pekerjaan yang mudah. Banyak sekali yang perlu Anda perhatikan agar bisnis yang Anda bisa berjalan dengan lancar. Apalagi dengan dunia teknologi yang semakin berkembang, membuat Anda juga harus memanfaatkan teknologi supaya kinerja bisnis Anda semakin membaik dari hari ke hari. Berikut dalam Artikel ini 3 Masalah yang Sering terjadi pada Klinik  dan Cara Mengatasinya.


1. Kurangnya Pasien

Setiap klinik pasti mengalami penurunan jumlah pasien di waktu-waktu tertentu. Entah itu setelah lebaran, atau saat pandemi seperti sekarang. Padahal, penurunan jumlah pasien berdampak pada operasional klinik Anda.


Untuk mengatasi hal ini, ada hal-hal sederhana yang bisa Anda lakukan. Salah satu contoh sederhananya yaitu menghubungi pasien yang sudah lama tidak berkunjung. Bisa juga dengan langsung menjadwalkan pasien setelah perawatan di klinik Anda. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan media digital untuk mempromosikan klinik Anda.


2. Kesulitan menangani Antrian

Banyaknya jumlah pasien juga bisa menimbulkan masalah bagi klinik, terutama saat antrian terjadi. Dengan panjangnya antrian, pasien jadi lama untuk mendapatkan perawatan. Akhirnya, dokter kemungkinan memberikan perawatan dengan terburu-buru dan dampaknya pasien mudah merasa tidak terlayani dengan maksimal.


Solusi yang bisa Anda lakukan adalah mengurangi jumlah pasien yang Anda terima setiap harinya. Dengan begitu, Anda bisa memberikan waktu yang lebih banyak untuk melakukan perawatan. Manfaat lainnya adalah Anda bisa membagi jumlah pasien untuk hari lain, sehingga ada pemerataan jumlah pasien setiap harinya.


3. Mendapat ONLINE Review Negatif dari Pasien

Di era digital ini, pasien sangat mudah untuk memberikan review di profil online Anda. Perlu Anda sadari bahwa satu review yang jelek saja akan berdampak besar pada keputusan pasien dalam memilih klinik Anda. Bahkan menurut suatu penelitian, 78% orang mengambil keputusan memilih produk/jasa setelah melihat review di media digital.


Cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjaga reputasi online Anda adalah dengan rutin cek review yang Anda dapat di profil online Anda. Jika Anda mendapat review negatif, jangan panik dulu. Segera respon dengan cepat dengan memberikan balasan yang positif. Selain itu, Anda juga bisa mengajak pasien setelah perawatan untuk memberikan review online. Karena dengan makin banyaknya review online yang Anda terima, semakin meningkat pula reputasi online Anda.


Nah Jadi itulah masalah-masalah yang mungkin tidak Anda sadari terjadi di klinik Anda. Yang paling utama adalah jangan sampai kualitas klinik  Anda menurun karena adanya masalah-masalah diatas. Untuk menghindari masalah diatas anda bisa menggunakan platform klinik bagus. Informasi lebih lanjut kunjungi website kami di:www.klinikbagus.com